Logo Bloomberg Technoz

Langkah OJK Mencegah Makin Banyak BPR Dilikuidasi Imbas Fraud

Mis Fransiska Dewi
12 January 2024 14:15

Daftar dan Profil Bank yang Bangkrut Sepanjang 2023 (Asfahan/Bloomberg Technoz)
Daftar dan Profil Bank yang Bangkrut Sepanjang 2023 (Asfahan/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengakui bahwa banyak Bank Perekonomian Rakyat (BPR), atau BPR Syariah,  yang bangkrut karena kesalahan manajemen hingga kasus penyelewengan dana nasabah (fraud).

Untuk itu regulator jasa keuangan ini tengah menyelesaikan pekerjaan roadmap BPR hingga persoalan operasional dan fraud dapat diatasi.

“OJK sedang melakukan revisit Roadmap BPR dan dalam tahap melaksanakan survei. Dalam waktu dekat diharapkan OJK sudah dapat meluncurkan roadmap ini,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae dalam rilisnya dilansir Jumat (12/1/2024).

Atas banyaknya penutupan BPR di Indonesia, termasuk disulut oleh kasus fraud, OJK secara internal melakukan perbaikan tata kelola pengawasan. Caranya lewat pelaksanaan workshop tipologi dan penanganan penyimpangan ketentuan perbankan.

“Fungsi pengawasan untuk memastikan operasional BPR telah menerapkan prinsip kehati-hatian sesuai dengan ketentuan yang didukung infrastruktur teknologi informasi serta mendorong penerapan tata kelola Bank yang baik,” kata Dian.