Logo Bloomberg Technoz

Tetangga Dekat RI Umumkan Darurat Nasional 14 Hari, Ada Apa?

Delia Arnindita Larasati
12 January 2024 07:30

Ilustrasi kerusuhan. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi kerusuhan. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemimpin Papua Nugini, yang merupakan negara tetangga Indonesia, mengumumkan keadaan darurat nasional selama 14 hari di ibu kota, Port Moresby. Keputusan ini dibuat menyusul kerusuhan yang terjadi di kawasan tersebut yang menewaskan 15 orang.

Perdana Menteri James Marape pada Kamis mengumumkan bahwa lebih dari 1.000 tentara disiagakan untuk turun tangan kapan pun diperlukan. 

Marape mengatakan dalam jumpa pers, seperti yang diberitakan BBC, pihaknya telah memberikan skors kepada kepala polisi serta birokrat teratas di departemen keuangan sementara pemerintah melakukan peninjauan terhadap penyebab kerusuhan tersebut.

Kerusuhan di Port Moresby pada Rabu malam dipicu oleh aksi protes yang dilakukan oleh sekelompok tentara, polisi, dan sipir penjara atas pemotongan gaji yang tidak jelas oleh pemerintah. Dalam beberapa jam, kerusuhan menyebar ke kota Lae, sekitar 300 km di utara ibu kota.

Pihak kepolisian mengatakan 8 orang dilaporkan tewas di Port Moresby, sementara 7 orang tewas di Lae. Berdasarkan tayangan televisi di negara tersebut, tampak ribuan orang berada di jalanan Port Moresby dengan membawa barang-barang hasil jarahan. Asap hitam mengepul di atas kota, dan kerumuman orang membakar mobil polisi di luar kantor perdana menteri.