Logo Bloomberg Technoz

Dalam kunjungannya Presiden Jokowi yang didampingi Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyaksikan jalanan yang rusak tanpa aspal dan berlubang. Jalanan tersebut juga digenangi air yang menyebabkan tanah jalanan tak kondusif dilalui.

Salah satunya adalah ruas Jalan Gunting Saga di Labuhanbatu Utara. Jokowi kemudian menjanjikan perbaikannya akan dibantu pemerintah pusah.

"Panjang jalan nasional di Sumatera Utara 2.600 km, yang rusak kira-kira 260 km. Jalan provinsi 3.005 km, perlu perbaikan 340 km. Jalan kabupaten panjangnya 33.000 km, sekitar 13.000 km di antaranya juga rusak. Salah satunya ruas Jalan Gunting Saga," disebutkan Jokowi pada saat itu.

Bila merujuk pada data yang disebut Jokowi itu, untuk jalan kabupaten yang sedianya menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten (pemkab) di bawah bupati yakni memiliki panjang 33.000 km. Apabila sekitar 13.000 km rusak maka bisa dikatakan lebih 30% jalan di kabupaten itu rusak.

Kini KPK kemudian menangkap pimpinan daerah itu, kepala dinas hingga anggota DPRD. Padahal DPRD sedianya menjadi pengawas eksekutif daerah.

Disebutkan para pihak yang ditangkap KPK atas dugaan suap akan dibawa ke Jakarta dan tiba di gedung KPK pada Jumat pagi (12/1/2024).

(ezr)

No more pages