Logo Bloomberg Technoz

ESDM: Potensi Cadangan Litium RI Berlokasi di Grobogan Jateng

Sultan Ibnu Affan
11 January 2024 18:40

Litium (Sumber: Bloomberg)
Litium (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan, temuan sumber daya mineral litium yang telah teridentifikasi di Indonesia berada di Grobogan, Jawa Tengah. Tepatnya, di kawasan gunung api lumpur atau Bledug Kuwu.

"[Potensi itu ada] di Bledug Kuwu. Teridentifikasi di sana," ujar Plt Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Muhammad Wafid saat ditemui, Kamis (11/1/2024).

Bledug Kuwu sendiri merupakan kawasan gunung api yang dipenuhi dengan lumpur. Dari lumpur itu, kata Wafid, ditemukan potensi kadar litium sekitar 1000 part per million (ppm).

Meski demikian, kata Wafid, sebenarnya Indonesia memiliki banyak potensi litium yang berasal dari wilayah-wilayah panas bumi (geotermal), seperti Dieng Malang dan Patuha Kabupaten Bandung.

Namun, hingga kini pihaknya masih terus memastikan dan melakukan eksplorasi sekaligus mendata potensi cadangan litium  di Indonesia guna menghitung nilai keekonomiannya ke depan. "Masih di data, ekonomis atau tidaknya untuk dikembangkan."