Logo Bloomberg Technoz

Arus Dana Hari Pertama ke ETF Spot Bitcoin Diprediksi Rp465 T

News
11 January 2024 15:55

Bitcoin. (Dok: Bloomberg)
Bitcoin. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Arus dana pada dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) dengan aset dasar Bitcoin akan mencapai US$30 miliar (Rp465 triliun) pada hari pertama, atau mencapai rekor menurut perhitungan Bloomberg Intelligence.

“Konversi Grayscale Bitcoin Trust akan menghasilkan aset sebesar US$28 miliar, sementara BlackRock dapat memulai dengan US$2 miliar. Enam penerbit menawarkan produk mereka dengan biaya manajemen masih nol,” tulis Rebecca Sin, riset analis Bloomberg Intelligence dalam laporannya, Kamis (11/1/2023).

Untuk diketahui proposal ETF Spot Bitcoin dari para lembaga investasi telah disetujui oleh Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC), Rabu waktu AS.  persetujuan SEC muncul setelah Grayscale Investments memenangkan kemenangan penting atas SEC. 

Pengadilan banding federal telah membatalkan penolakan permohonan Grayscale untuk mengubah trust Bitcoin menjadi ETF.

Dengan ETF Spot Bitcoin, memungkinkan investor untuk mendapatkan eksposur ke token di akun pialang tradisional mereka, alih-alih salah satu perusahaan startup asli kripto yang berada di bawah pengawasan pemerintah yang semakin meningkat pasca serangkaian skandal dan kebangkrutan sektor ini.