Logo Bloomberg Technoz

Pihak berwenang Ekuador mengidentifikasi mereka sebagai cabang dari kartel narkoba Kolombia. Mereka beroperasi di seluruh penjara Ekudor dan sejumlah kota. 

Dalam konflik terbaru, Los Chenoros secara terbuka menyatakan perang terhadap pemerintah Ekuador. Hal ini memicu kekhawatiran akan bentrokan bersenjata dan instabilitas nasional.

2. Los Lagartos 

Kartel ini berbasis di Guayaquil, kota terbesar di Ekuador. Mereka bersaing ketat dengan Los Choneros untuk menguasai jalur perdagangan narkoba.

Mereka terkenal dengan aktivitas kriminal lainnya seperti pemerasan dan penyelundupan senjata.

3. Los R7

Los R7 merupakan kelompok kriminal yang muncul relatif baru namun dengan cepat naik  popularitas. Mereka beroperasi di berbagai wilayah Ekuador.

Mereka juga terlibat dalam perdagangan narkoba, pemerasan, dan penculikan.

4. Generasi Baru Jalisco (CJNG) 

Kartel ini berasal dari Meksiko yang semakin memperluas pengaruhnya ke Amerika Selatan, termasuk Ekuador. CJNG dikenal dengan pendekatan kekerasan dan taktik gerilya, menimbulkan kekhawatiran akan meningkatnya kekerasan terkait narkoba di Ekuador.

Menurut media Ekuador, pemimpin Lobo adalah Wilmer Chavarria alias Pipo. Dia mengoperasikan organisasi tersebut dari penjara Turi, Cuenca. Namun, dia diduga tewas pada 2021 dalam kerusuhan di penjara.

(del/hps)

No more pages