Logo Bloomberg Technoz

Anies Dilaporkan ke Bawaslu, Timnas: Enggak Ada Masalah

Pramesti Regita Cindy
10 January 2024 15:30

Layar menampilkan Capres nomor urut 1 Anies Baswedan saat debat ketiga di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Layar menampilkan Capres nomor urut 1 Anies Baswedan saat debat ketiga di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) mengatakan tak akan mempermasalahkan soal pelaporan Anies Baswedan ke Bawaslu. Anies sebelumnya dilaporkan karena dianggap menghina dan memfitnah Capres Prabowo Subianto di debat capres ketiga. Hal tersebut dianggap adalah konsekuensi dalam sistem demokrasi.

"Enggak ada (masalah). Amin berkomitmen pada kebebasan berpendapat," kata jubir Timnas Amin, Angga Putra Fidrian pada saat dihubungi, Rabu (10/1/2024).

Capres Anies Baswedan dilaporkan ke Bawaslu oleh Pendekar Hukum Pemilu Bersih (PHPB). Menurut pelapor, Anies telah menyerang Prabowo dengan data tidak benar yakni kepemilikan lahan hingga 340 ribu hektare dan juga anggaran pertahanan Rp700 triliun yang tidak dikelola dengan baik.

Dari salinan surat yang diterima media, tampak bahwa laporan itu sudah diterima Bawaslu dengan surat Tanda Bukti Penyampaian Laporan Nomor 006/LP/PP/RI/00.00/I/2024 tertanggal Senin (8/1/2024). Waktu penyampaian laporan yakni pada pukul 15.29 WIB. 

Di dalam laporan, pelapor juga menyertakan USB flash disk dan rekaman media sosial dari YouTube. Selain itu juga disertakan tautan-tautan pemberitaan media massa.