Logo Bloomberg Technoz

Menlu AS Desak Israel Kendalikan Diri dan Pikirkan Perdamaian

News
10 January 2024 11:30

Antony Blinken, Menteri Luar Negeri AS (Sumber: Bloomberg)
Antony Blinken, Menteri Luar Negeri AS (Sumber: Bloomberg)

Iain Marlow - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken kembali mendesak Israel untuk mengendalikan diri mengekang Palestina dan warga Gaza. Alih-alih fokus konflik bersenjata, Blinken meminta Israel untuk fokus pada hubungan negara tersebut dengan negara-negara Arab. Hal ini juga sebagai bagian dari upaya baru Amerika Serikat untuk mengakhiri konflik.

Dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan para pejabat tinggi lainnya, Blinken mengulangi bahwa Israel memiliki hak untuk mempertahankan diri setelah serangan mematikan Hamas pada 7 Oktober lalu. Namun, ia juga berusaha melukiskan gambaran masa depan yang aman bagi Israel, dengan meningkatkan prospek integrasi regional yang didukung AS untuk Israel dan negara-negara Arab.

"Ini adalah waktu yang sangat menantang," kata Blinken kepada Menteri Luar Negeri Israel Katz pada Selasa. "Saya tahu betapa besar selama bertahun-tahun untuk membangun konektivitas dan integrasi yang jauh lebih baik di Timur Tengah. Dan saya pikir sebenarnya ada peluang nyata di sana."

Kemudian, dalam pertemuan dengan Netanyahu, Blinken "menegaskan kembali perlunya memastikan perdamaian yang langgeng dan berkelanjutan bagi Israel dan kawasan, termasuk dengan mewujudkan negara Palestina."