Logo Bloomberg Technoz

Jokowi ke 3 Negara ASEAN, di Brunei Mau Kondangan Pangeran

Pramesti Regita Cindy
09 January 2024 16:25

Keterangan Pers Presiden Jokowi, Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, 9 Januari 2024. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Keterangan Pers Presiden Jokowi, Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, 9 Januari 2024. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke tiga negara di Asia Tenggara yakni Filipina, Vietnam dan Brunei Darussalam yang merupakan . Jokowi ke Brunei Darussalam untuk memenuhi undangan dari Sultan Brunei Hasannal Bolkiah untuk menghadiri pernikahan Pangeran Mateen atau kondangan pernikahan.

"Yang terakhir memang kunjungan ini karena ada undangan dari Sultan Hasannal Bolkiah untuk perkawinan anaknya Pangeran Mateen sehingga ini adalah kunjungan khusus ke Brunei Darussalam selain akan ada pertemuan dengan pengusaha-pengusaha Brunei untuk berinvestasi di Indonesia," kata Presiden Jokowi saat akan beragkat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (8/1/2024).

Sementara dalam kunjungan ke Filipina, Jokowi akan merayakan 75 tahun hubungan diplomatik dan Filipina yang dikatakannya merupakan mitra penting Indonesia.

"Produk alutsista Indonesia banyak yang dibeli oleh Filipina dan investasi Indonesia di Filipina juga cukup signifikan," kata dia lagi.

Sementara kunjungan ke Vietnam juga kata Jokowi dalam rangka meningkatkan perdagangan dua negara.