Logo Bloomberg Technoz

Mate 60 Pro telah rilis sebelum iPhone 15 diperkenalkan resmi ke publik. Smartphone Mate 60 seri memiliki cip baru buatan China — memacu semangat patriotik yang merebut kembali beberapa pelanggan yang sebelumnya hilang dari Apple.

Jefferies memperkirakan Huawei dapat menjual 35 juta smartphone pada tahun 2023, dengan beberapa kendala pasokan yang mencegah jumlah tersebut menjadi lebih besar.

Dalam laporan sebelumnya Apple mengalami penurunan volume dua digit pada bulan Desember, dengan Jefferies memberi estimasi penurunan akan tetap terjadi pada tahun 2024.

Diskon untuk berbagai produk smartphone Apple meningkat minggu lalu di berbagai portal belanja online, memotong harga jual rata-rata tanpa mendorong pertumbuhan volume.

Apple mendapatkan pangsa pasar di China pasca sanksi AS yang memutus hubungan Huawei dengan produsen cip terkemuka dunia, seperti Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC), pada tahun 2020.

Kembalinya perusahaan elektronik yang berbasis di Shenzhen ini ke daya saing di pasar seluler telah membuatnya meraih kembali pangsa pasar, dan sekarang telah mengembangkan ekosistem sendiri. Huawei kini semakin matang dalam persaingan dengan dua raksasa sistem software untuk smartphone, iOS milik Apple dan Android kepunyaan Alphabet Inc.

Toko Apple. (Dok: Bloomberg)

Pada akhir tahun data GfK —yang menghitung seluruh saluran distribusi konsumen— memperlihatkan iPhone 15 akan mengalami penurunan penjualan 6% pada saat bulan peluncuran awal. IDC, perusahaan pelacak industri seluler juga memperkirakan pengiriman Apple turun 4% pada kuartal ketiga tahun 2023.

Faktor Huawei benar-benar menjadi pengganggu iPhone di pasar China.  Seri Huawei Mate 60 mencatat penjualan hampir 1,5 juta pada bulan peluncurannya, lebih dari dua kali lipat dari tahun lalu, kata GfK, dalam laporan Bloomberg News pada akhir kuartal ketiga tahun 2023.

“Seri Huawei Mate 60 akan terus mempertahankan momentum penjualan yang kuat di masa mendatang,” kata Hayden Hou, analis senior China di GfK. Laba bersih Huawei meningkat lebih dari dua kali lipat pada kuartal September. Hal yang mencerminkan setidaknya sebagian dari penjualan awal tetap kuat dari Mate 60 Pro.

Pabrik perakit perangkat iPhone milik Apple, Hon Hai Precision Industry Co juga  memperingatkan penurunan penjualan kuartalan keempat berturut-turut setelah tren pelemahan 5,4% dalam tiga bulan terakhir tahun 2023. Turunnya penjualan menunjukkan permintaan elektronik dari konsumen yang masih lemah.

(wep)

No more pages