Logo Bloomberg Technoz

Alasan Perubahan Pengendali AKP Nickel (NICE) 5 Hari Usai Listing

Mis Fransiska Dewi
09 January 2024 13:50

Pencatatan perdana saham (listing) AKP Nickel (NICE). (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska Dewi)
Pencatatan perdana saham (listing) AKP Nickel (NICE). (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska Dewi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Manajemen PT Adhi Kartiko Pratama Tbk atau AKP Nickel Mining (NICE) mengutarakan alasan pengalihan pemegang saham pengendali ke perusahaan Korea Selatan (Korsel) LX International Corp usai penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO). 

Presiden Direktur NICE Stevano Rizki Adranacus mengatakan, LX Internasional merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dan memiliki ekosistem kendaraan elektrik di Korea.

“AKP mendapatkan kesempatan untuk ikut masuk ke dalam ekosistem value chain kendaraan listrik mereka. Mengapa? Kami lihat ini adalah sesuatu yang bisa kami sinergikan sesuai dengan rencana jangka panjang kita menuju hilirisasi,” kata Stevano di gedung Bursa Efek Indonesia, Selasa (9/1/2024).

LXI, kata Stevano, merupakan bagian dari LG Group yang memiliki anak usaha produsen baterai untuk kendaraan listrik atau LG Camp.

“Jadi, tentu saja, dengan LXI sudah resmi masuk ke AKP nantinya, kami akan bisa ikut serta menjadi bagian dari ekosistem itu, sehingga menunjang perencanaan jangka panjang kami menuju hilirisasi tadi,” tuturnya.