Logo Bloomberg Technoz

Ganjar Pranowo Sebut Kader Partai Bisa jadi Menteri Asal Ahli

Pramesti Regita Cindy
09 January 2024 11:10

Ganjar Pranowo (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Ganjar Pranowo (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo tak menampik akan merekrut atau memilih kader partai politik pengusung ke dalam susunan kabinet pemerintahan Ganjar-Mahfud. Meski demikian, dia mengklaim kader tersebut bukan sekadar orang titipan dari parpol yang bisa saja tak mumpuni menjabat sebagai menteri atau kepala lembaga negara bidang tertentu.

"Kalau kemudian kita bicara di partai gimana? Oke, partai ikut dengan kami dan kami butuh [menteri] kualifikasi ini, silahkan anda cari. Kalau tidak dapet? Saya coret ya, anda cari lagi, begitu," kata Ganjar di Gedung Serbaguna GBK, Senin (8/1/2024).

Dia mengklaim, bersama Mahfud MD ingin menyusun kabinet pemerintahan yang diisi para ahli di bidang masing-masing. Dia menilai, tradisi menempatkan orang yang mumpuni pada jabatan yang tepat harus menjadi tradisi dan kebiasaan pembentukan pemerintahan.

"Kalau 14 Februari ditentukan sore udah ada quick count yang kemudian [Ganjar-Mahfud] menang satu putaran; maka ada waktu delapan bulan, ada waktu delapan bulan untuk menyiapkan [kabinet]," ujar Ganjar.

Toh, dia mengatakan telah mencicil penyusunan calon menteri dan kepala lembaga negara yang akan mendukung pemerintahannya bersama Mahfud MD. Hal ini menjadi bagian dari komitmennya untuk menciptakan kerja yang cepat.