Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Bantah Tak Netral Usai Ajak Prabowo Makan Malam Berdua

Dovana Hasiana
08 January 2024 15:50

Presiden Joko Widodo (Jokowi) makan malam bersama dengan Prabowo Subianto, Jumat (5/1/2024). (Tangkapan Layar Instagram @prabowo)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) makan malam bersama dengan Prabowo Subianto, Jumat (5/1/2024). (Tangkapan Layar Instagram @prabowo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membantah bahwa dirinya tidak netral dalam Pemilu 2024 usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto. 

Menurutnya, pertemuan itu hanya sekadar makan bersama dan hal itu dilakukan di luar jam kerja. Pertemuan Jokowi dan Prabowo lalu Airlangga sebelum debat capres ketiga sebelumnya menjadi sorotan publik.

“Makan malam, makan siang, makan pagi atau sarapan. Wong ketemu malam hari (dengan Prabowo Subianto), ketemu hari libur (dengan Airlangga Hartarto), makan juga,” ujar Jokowi usai peresmian jalan tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor yang disiarkan secara virtual, Senin (8/1/2024). 

Jokowi mengatakan bahwa dirinya melakukan pembahasan mengenai pemerintahan dan juga Pilpres 2024, “Bahas pemerintahan ada, bahas pilpres juga ada,” lanjutnya. 

Perlu diketahui, Prabowo Subianto merupakan calon Presiden nomor urut 2 dan sekaligus merupakan Menteri Pertahanan pada pemerintahan Joko Widodo juga Ketua Umum Partai Gerindra. Sementara, Airlangga Hartarto merupakan Ketua Umum Partai Golkar dan juga Menko Perekonomian. Dua partai itu termasuk dalam Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo-Gibran.