Logo Bloomberg Technoz

“Makanya, petugas pengatur perjalanan KA (PPKA) yang mengatur perjalanan KA di dua stasiun ini harus memiliki keterampilan dalam mengoperasikan persinyalan yang berbeda ini,” ujar Djoko. 

Di jalur rel tunggal, sinyal menandakan kereta boleh atau tidak boleh melintas setelah dipastikan bahwa petak jalan yang akan dilintasi kereta itu dirasa aman. Sebab, jalur tunggal akan digunakan untuk perjalanan kereta api dengan dua arah yang berbeda secara bergantian. Oleh sebab itu, PPKA harus memastikan bahwa tidak ada KA lain di petak jalan itu sebelum memberikan sinyal aman bagi KA yang akan melintas.

Djoko mengatakan, pemerintah sebenarnya tengah merencanakan pengerjaan jalur ganda pada perlintasan tersebut. Hal ini sebagaimana dikutip dari data Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Jawa Barat Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. 

Proyek rel ganda itu membentang sejauh 23 kilometer dan terbagi ke dalam dua tahap. Tahap I terbentang mulai dari Gedebage-Cimekar-Rancaekek-Haurpugur sejauh 14 kilometer dan tahap II sepanjang 9 kilometer yang terbagi dua rute, yakni dari Kiaracondong-Gedebage dan Haurpugur-Cicalengka. 

“Sayangnya, belum usai proyek ini terwujud, rute Haurpugur-Cicalengka telah menelan jatuhnya korban akibat tabrakan antar KA,” ujar Djoko. 

Pengerjaan rel ganda (double track) Padalarang – Bandung – Cicalengka juga merupakan upaya peningkatan kapasitas lintas sebagai persiapan pendukung rencana elektrifikasi jalur KA antara Padalarang – Cicalengka dengan menata emplasemen stasiun, pembangunan stasiun, pembangunan sistem persinyalan dan telekomunikasi, serta penanganan perlintasan sebidang sebanyak 12 lokasi.

Nantinya waktu tempuh commuter line Bandung Raya sekitar 35 menit dengan headway 35 menit yang melintas Padalarang – Gadobangkong – Cimahi – Cimindi – Andir – Ciroyom – Bandung PP.

Di samping itu, terdapat kereta feeder kereta cepat Whoosh Padalarang – Cimahi – Bandung melaju 90 km per jam dengan waktu tempuh 22 menit, headway 20 menit dan waktu integrasi kereta cepat Whoosh - KA Feeder kisaran 6 - 7 menit.

(dov/ain)

No more pages