Logo Bloomberg Technoz

Cerita Menlu Retno, 9 Tahun RI Dalam Politik Dunia yang Tak Pasti

Delia Arnindita Larasati
08 January 2024 13:50

Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi (Dok Kemlu)
Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi (Dok Kemlu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan dunia sangat mengapresiasi kepemimpinan Indonesia dalam menjalankan politik luar negeri, juga kontribusi negara bagi perdamaian dunia.

"Dunia mengapresiasi kepemimpinan Indonesia yang selalu menjembatani perbedaan, menghormati prinsip, dan menjadi bagian dari solusi permasalahan dunia," ungkap Retno saat berbicara dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) 2024 yang disiarkan secara daring.

"Indonesia mampu berdiri tegak, menjalankan politik luar negeri bebas aktif, berkontribusi bagi perdamaian, juga stabilitas dan kemakmuran dunia. Termasuk di antaranya dalam keketuaan IORA 2017, keanggotaan Dewan Keamanan PBB 2019-2020, selama presidensi G-20 2022 dan ketetuaan ASEAN 2013," lanjutnya.

Retno mengatakan 9 tahun terakhir, politik luar negeri Indonesia dijalankan di tengah dunia yang penuh ketidakpastian. Namun, politik luar negeri Indonesia tetap dijalankan secara konsisten berdasarkan prinsip bebas aktif, berkiblat pada kepentingan nasional, dan berkontribusi bagi perdamaian dunia.

"Diplomasi Indonesia dijalankan secara well-measured, well-calculated, action oriented, dan result oriented. Namun di saat yang sama, terus menjunjung tinggi nilai dan prinsip yang tidak tergoyahkan," ujar Retno.