Logo Bloomberg Technoz

Jika dia terus berprestasi bagus di lapangan dengan kondisi fisik prima, dia bisa mendapat kontrak yang disebut supermax bernilai sekitar US$529 juta (Rp8 triliun) untuk jangka waktu lima tahun. Secara total, pendapatannya dari kontrak sebagai pemain ini adalah US$900 miliar (Rp13 triliun) lebih. 

Kontrak supermax kedua akan menempatkan bintang muda ini mencatat pemasukan US$1 miliar di tahun pertamanya. Bloomberg memperkirakan kesepakatan supermax kedua ini bisa bernilai US$760 juta (Rp11 triliun) untuk masa lima tahun. 

Gaji Wembanyama di NBA. (Sumber: NBA/Bloomberg

"Saya tidak pernah memikirkan itu sebelumnya," kata Wembanyama dalam wawancara dengan Bloomberg. "Hal itu memperluas kemungkinan dan dampak yang bisa saya dapatkan," tambahnya. 

Pemain yang dikenal dengan nama Wemby ini memulai karir di NBA dengan ekspektasi yang tidak pernah ada sejak LeBron James, yang dipilih oleh Cleveland Cavaliers 20 tahun lalu. Kemampuan Wemby mencetak angka mengingatkan kita pada pemain All-Star Kevin Durant, dan rentang tangannya selebar 2 meter lebih bisa membuatnya menjadi pemain bertahan andal seperti Giannis Antetokounmpo dan Rudy Gobert. 

Tidak banyak olahragawan bintang yang bisa masuk ke klub pemain dengan pendapatan US$1 miliar tanpa bantuan bisnis di luar lapangan. 

Forbes mentabulasi bahwa Cristiano Ronaldo mendapat penghasilan lebih dari US$1 miliar dari kontrak dengan klub di Liga Inggris, Spanyol, Italia dan Arab Saudi. Shohei Ohtani, yang bulan lalu dikontrak oleh Los Angeles Dodgers dengan nilai US$700 juta selama sepuluh tahun dan merupakan kontrak tunggal paling mahal di industri olahraga, hampir memperoleh pemasukan senilai US$1 miliar dari karirnya di lapangan. 

LeBron James, 39 tahun, yang merupakan pemain NBA termahal mendapat penghasilan US$479 miliar dari kontrak kerjanya. Forbes memperkirakan kekayaan bintang Lakers ini melewati angka US$1 miliar dari kesuksesan di bisnis-bisnisnya  seperti SpringHill Company, perusahaan hiburan yang valuasinya mencapai US$750 juta pada 2021; kontrak dengan Nike Inc. bernilai lebih dari US$1 miliar; dan kepemilikan saham Fenway Sports Group yang memiliki klub Boston Red Sox serta klub sepakbola Liverpool. 

Leganda NBA Michael Jordan masuk klub miliader pada 2014 dan sekarang diperkirakan memiliki kekayaan sebesar US$3,5 miliar. Jordan yang pensiun dari NBA tahun 2003 memperoleh penghasilan dari karirnya sebagai pemain sebesar US$94 juta dan kekayaannya berlipat-lipat dari penjualan Charlotte Hornets, kontrak dengan Nike, MacDonalds, Gatorade dan Hanes. 

Wembanyama sendiri sudah mengatakan tidak akan mengikuti jejak pemain-pemain NBA sebelumnya itu. Sejauh itu, dia hanya mau mengikat kontrak skala kecil yang dipandang sejalan dengan nilai-nilai pribadinya. 

"Lebih baik saya tidak melakukan apapun, dari pada melakukan hal yang tidak ada artinya," kata Wembanyama. 

Tingkat Global

Wembanyama berniat membantu meluaskan sayap NBA ke luar negeri. Selama bertahun-tahun NBA mencoba, dan kesulitan, untuk memperluas penggemar dari negara lain. Pemain asing seperti Yao Ming dari China yang dikontrak Houston Rockets tahun 2002, sempat mendongkrang popularitasnya di Asia. Liga ini juga secara rutin mengadakan pertandingan musim reguler di Meksiko dan Eropa. Brooklyn Nets dan Cleveland Cavaliers akan bertanding di Paris bulan ini. 

Di saat bersamaan, semakin banyak pemain dari luar AS yang bergabung ke NBA. Wembanyama adalah satu dari empat pebasket asal Perancis yang masuk NBA di draft 2023. Dalam lima musim terakhir, Pemain Terbaik NBA diraih oleh pebasket asal luar AS. Namun, NBA masih belum bisa merebut perhatian penggemar olahraga dunia dalam skala seperti Liga Primer Inggris. 

Bersinarnya nama Wembanyama bertepatan dengan Olimpiade 2024 di Paris. Pemain ini akan bergabung di tim basket tuarn rumah dan berpotensi mendongrak ketertarikan akan NBA. 

Budaya bola basket "tidak besar di Prancis," ujarnya, tetapi "mengembangkan cabang ini di tanah air adalah salah satu prioritas jangka panjang saya."

Jejak langkah di tingkat global akan membuat NBA mendapatkan kontrak hak penyiaran lebih mahal, dan para pemain pun akan mendapatkan bagian dari pemasukan itu yang lebih besar. 

Hak penyiaran NBA bernilai US$24 miliar akan berakhir di musim 2024-2025 dan nilai hak penyiaran baru diperkirakan akan mencapai antara US$70 miliar dan US$80 miliar. Sementara itu, kesepakatan bersama yang ada sekarang akan berakhir tahun 2030 dengan opsi semua kubu bisa mundur setelah musim pertandingan 2028-2029. 

Jaringan televisi berharap Wembanyama bisa menarik penonton. Sebanyak 19 pertandingan Spurs akan disiarkan secara nasional tahun ini. Spurs berencana kembali menjadi klub andal dengan membeli Wembanyama setelah terakhir kali menjadi juara NBA tahun 2014. 

Sementara Wembanyama hampir pasti menjadi daya tarik NBA, masih belum jelas nilai asetnya bagi merek-merek yang biasanya terkait dengan bintang olahraga. 

Banyak pemain bola basket menambah pemasukan mereka melalui kontrak dengan sepatu olahraga atau minumah oleharaga. Restoran cepat saji, pembuat gem video, asuransi dan raksasa teknologi sudah mengikat kontrak dengan pemain NBA. Pemain muda seperti Wembanyama yang lebih sadar dengan brand pribadi mereka dan mendapat pemasukan lebih tinggi dari kontrak dengan klub dibanding generasi sebelumnya tampak lebih selektif soal ini. 

"Tiga puluh tahun lalu, pemain akan mengambil tawaran kontrak apapun karena tersedia dan gaji mereka lebih rendah," menurut Mark Patricof, pendiri Patricof Co. platform investasi dan konsultasi atlit. 

"Para atlit sekarang memiliki pandangan dunia yang lebih luas," tambah Mark. 

Contohnya adalah kontrak Wembanyama dengan Barcode, pendiri minuman berbasis tanaman yang didirikan oleh Mubarak "Bar" Malik dan pemain Washington Wizards Kyle Kuzma. Barcode mendapat kontrak dengan Wembanyama dengan menawarkan kemungkinan melakukan investasi bukan uang tunai di depan. 

"Saya tahu dari sisi keuangan ami tidak bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar dalam jangka pendek," kata Malik dalam wawancara lewat Zoom. 

"Dari sisi jangka panjang, dengan perencanaan usaha kami, akan ada kesempatan bagi dia untuk memiliki saham perusahaan ini dalam jumlah besar, sekaligus mendapatkan keuntungan besar jika kami menjalankan bisnis ini dengan benar," jelasnya. 

Malik membuka kontak dengan Wembanyama melalui seorang investor di Paris, dan terbang ke ibukota Prancis itu untuk bertemu dengan keluarga pemain tersebut. 

Di sana, Malik bertemu dengan ibu Wembanyama yang seorang ahli gizi dan terapi otot senang ketika mengetahui bahwa vitamin yang dia berikan kepada anaknya ketika masih kecil sekarang ada dalam minuman itu. 

Wambaanyama sebelumnya sempat mendapat tawaran kontrak besar dari minuman kesehatan seperti Gatorade dan BodyArmor, namun pemain asal Prancis ini mengatakan Barcode lebih sesuai dengan prioritasnya. Jumlah saham yang didapat dari kontrak ini tidak diumumkan. 

"Bermitra dengan satu merek yang tidak sehat dan saya tidak mau meminumnya adalah langkah palsu," kata Wembanyama. "Saya kehilangan identitas jika melakukannya."

Namun, masih ada kontrak lain yang sejalan dengan jejak bintang NBA seperti Jordan dan James. Wembanyama sudah terhubung dengan Nike sejak menjadi pemain profesional di usia 15 tahun dan berharap bisa memiliki model sepatu dengan namanya sendiri. 

"Saya ingin sepatu saya terlihat ringan dan sesuai dengan permainan saya," kata Wembanyama. "Sepatu itu harus fleksibel sehingga orang bisa bergerak dengan cepat."

Menyediakan Air Bersih

Wembanyama mengatakan berharap bisa menyisihkan dana dari penghasilannya untuk proyek penyediaan air bersih di wilayah yang kekurangan. Bloomberg melaporkan pada Oktober 2023 bahwa 3,6 miliar orang tidak memiliki akses yang cukup untuk mendapatkan air bersih setidaknya satu bulan dalam setahun. Organisasi Meteorologi dunia memperkirakan angka itu akan mencapai 50 miliar pada 2050. 

"Hal yang paling dibutuhkan manusia dalam kehidupan adalah air," kata Wembanyama. "Sejumlah besar populasi di negara-negara dunai ketiga tidak memiliki akses untuk mendapatkan air bersih."

Wilayah yang paling kesulitan air bersih adalah di Timur Tengah, Afrika Utara dan Asia Selatan. Institut Sumber Daya Dunia mengatakan ada 25 negara, yang mewakili seperempat total populasi dunia, yang secara ekstrim mengalami kekurangan air bersih.

Wembanyama mengatakan menyumbang untuk masalah-masalah itu adalah cara lain dalam membentuk identitasnya. 

"Semua orang mencari kesempatan besar di sektor bisnis," ujarnya, "tetapi saya masih mencari jati diri sendiri."

(bbn)

No more pages