Logo Bloomberg Technoz

Victor Wembanyama Bintang Spurs yang Jadi Miliarder Termuda NBA

News
08 January 2024 10:50

Victor Wembanyama. (Sumber: Bloomberg)
Victor Wembanyama. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemain muda sensasional Victor Wembanyama bisa menjadi pemain bola basket profesional pertama yang mendapat pendapatan sebesar US$1 miliar (Rp15 triliun) dari kontrak sebagai pemain bola basket saja. 

Victor Wembanyama merupakan pebola basket asal Prancis setinggi 2,2 meter dan baru berusia 20 tahun pada 4 Januari lalu ini dipilih klub San Antonio Spurs sebagai pemain pilihan pertama pada draft NBA 2023. 

Tim ini mengikat Victor Wembanyama dengan kontrak pemain baru selama empat tahun bernilai US$55,2 juta (Rp856 miliar) yang merupakan kontrak termahal yang bisa diberikan berdasarkan kesepakatan tenaga kerja NBA yang berlaku sekarang. 

Kontrak itu merupakan langkah awal dari karir paling menguntungkan dalam sejarah. Sejumlah pemain NBA terkenal menjadi kaya raya dari kontrak-kontrak komersial dan dari sektor bisnis mereka, Victor Wembanyama akan memasuki jajaran olahragawan kaya raya hanya dari pendapatan sebagai pemain basket saja. 

Berdasarkan batasan kontrak NBA yang sekarang berlaku, Victor Wembanyama bisa mendapat penghasilan lebih dari US$1 miliar di usia 33 tahun. Setelah kontrak pemain barunya itu selesai, dia berhak mendapatkan kontrak perpanjangan bernilai US$316 juta (Rp4 triliun).