Logo Bloomberg Technoz

Plus Minus Prabowo, Ganjar & Anies di Debat Capres Ketiga

Pramesti Regita Cindy
08 January 2024 10:10

Layar menampilkan Anies Baswedan, Prabowo Subianto & Ganjar Pranowo di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Layar menampilkan Anies Baswedan, Prabowo Subianto & Ganjar Pranowo di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Debat capres ketiga sudah dilangsungkan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam (7/1/2024). Para capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo berdebat soal tema "Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik".

Penampilan Anies, Prabowo dan Ganjar diberi penilaian oleh pengamat komunikasi politik. Berikut plus minus masing-masing:

Anies Baswedan

Cover Cek Fakta Anies Sebut Anggaran Rp700 T Kemhan Beli Pesawat Bekas (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Nilai plus utama untuk Anies adalah inisiatifnya memulai serangan dan keberaniannya untuk secara lantang melontarkan kritik tajam kepada Prabowo sebagai representasi petahana. Kritik dan pertanyaan tajam Anies kepada Prabowo membuat debat menjadi hidup sejak awal sehingga menarik perhatian publik.

"Anies juga nampaknya dengan cerdik mengarahkan debat pada tema-tema krusial seperti pembelian alutsista bekas, kelemahan pemerintah dalam mengantisipasi dan mengatasi ancaman cyber dan kegagalan proyek food estate yang dipimpin Prabowo," kata pengamat Komunikasi Politik yang juga dosen di Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina Wahyutama pada Senin pagi (8/1/2024).

Dia mengatakan, dengan mengarahkan tema debat pada isu-isu krusial seperti ini, Anies membawa debat bergeser dari jebakan debat yang terlalu bersifat teknis dan normatif.