Logo Bloomberg Technoz

Johnson menyampaikan kesepakatan itu kepada rekan-rekannya melalui surat pada Minggu (7/1/2024).

“Setelah berminggu-minggu berdialog dan berdebat, kami telah mendapatkan konsesi yang berjuang keras untuk mengungkap angka-angka utama tahun fiskal 24 dan memungkinkan Komite Alokasi untuk akhirnya mulai bernegosiasi dan menyelesaikan dua belas rancangan undang-undang alokasi tahunan,” tulis Johnson melalui surat.

Amerika menghadapi dua tenggat waktu penutupan pemerintahan setelah 19 Januari dan 2 Februari. Tanpa alokasi dana segar, Departemen Pertanian, Transportasi, Perumahan dan Pembangunan Perkotaan, Energi, dan Urusan Veteran akan ditutup pada 20 Januari. Hal ini menghentikan 12 rancangan undang-undang alokasi.

Presiden Joe Biden menyambut baik perjanjian tersebut dan meminta Partai Republik untuk memenuhi tanggung jawab dasar mereka untuk mendanai prioritas penting keamanan dalam negeri dan nasional.

“Kerangka pendanaan bipartisan yang dicapai para pemimpin kongres menggerakkan kita selangkah lebih dekat untuk mencegah penutupan pemerintahan yang tidak perlu dan melindungi prioritas nasional yang penting,” kata Biden dalam pernyataan Gedung Putih.

Undang-undang bulan Juni yang mengangkat plafon utang AS menetapkan batas pengeluaran sebesar US$1,59 triliun untuk belanja diskresi. Kesepakatan sampingan antara Presiden Joe Biden dan mantan Ketua DPR Kevin McCarthy akan memungkinkan pergerakan akuntansi senilai US$70 miliar digunakan untuk mencapai pemotongan yang disyaratkan oleh batasan tersebut.

Perwakilan Chip Roy, seorang Republikan konservatif dari Texas, mengatakan di platform media sosial X bahwa perjanjian hari Minggu itu mengerikan dan menunjukkan pengaruh yang dicapai dalam kesepakatan (yang sudah tidak terlalu bagus).

Partai Demokrat mengatakan mereka mendapatkan jumlah pendanaan dalam negeri yang sama dengan yang diizinkan oleh “kesepakatan sampingan” batas utang.

“Dengan mengamankan US$772,7 miliar untuk pendanaan diskresi non-pertahanan, kita dapat melindungi prioritas utama dalam negeri seperti tunjangan veteran, layanan kesehatan dan bantuan nutrisi dari pemotongan kejam yang dikehendaki oleh ekstremis sayap kanan,” kata Schumer dan pemimpin Partai Demokrat di DPR Hakeem Jeffries dalam sebuah pernyataan. 

Dengan mengizinkan pergerakan kesepakatan sampingan sebesar $US70 miliar, batas efektifnya adalah US$1,66 triliun.

Kesepakatan yang disampaikan pada hari Minggu mencakup US$16 miliar untuk mengimbangi pemotongan pengeluaran di atas perjanjian plafon utang yang akan berlaku pada tahun 2024. Kesepakatan tersebut termasuk mempercepat pemotongan Dana Pendapatan Internal sebesar US$10 miliar dan membatalkan tambahan dana pandemi Covid-19 sebesar $6 miliar yang belum terpakai.

Seorang staf di Senat dari Partai Demokrat mengatakan pengurangan jumlah pasien Covid-19 “seharusnya tidak berdampak signifikan” pada upaya melawan virus dan tidak berlaku untuk pengembangan vaksin di masa depan.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, yang tidak diperbolehkan adalah upaya para apropriator Senat untuk membelanjakan US$14 miliar di atas batas tersebut dengan menetapkan pengeluaran rutin tersebut sebagai “darurat,” kata surat itu.

Kesepakatan itu juga akan mencegah jenis pergerakan anggaran lain yang memperhitungkan pemotongan palsu hingga belanja hak untuk memenuhi batas tersebut.

Shutdown masih bisa terjadi jika anggota parlemen gagal menyepakati tingkat pengeluaran untuk lembaga-lembaga federal yang ditutup setelah 19 Januari, atau apakah sejumlah tuntutan kebijakan konservatif akan ditambahkan.

Beberapa kelompok konservatif mendorong Johnson untuk menggunakan tenggat waktu penutupan pemerintahan untuk memaksa Biden menerima perubahan dalam kebijakan perbatasan. Namun hingga saat ini, para pemimpin Partai Republik telah menyerukan penanganan masalah perbatasan sebagai bagian dari permintaan terpisah Biden untuk bantuan sekitar $61 miliar ke Ukraina.

(bbn)

No more pages