Logo Bloomberg Technoz

Pemimpin Senat Sepakat Batas Belanja AS, Kurangi Potensi Shutdown

News
08 January 2024 07:11

Pemimpin Mayoritas Senat AS Chuck Schumer. (Dok: Bloomberg)
Pemimpin Mayoritas Senat AS Chuck Schumer. (Dok: Bloomberg)

Erik Wasson - Bloomberg News

Bloomberg, Para pemimpin Kongres Amerika Serikat (AS) mengumumkan kesepakatan mengenai tingkat belanja negara utama untuk tahun fiskal saat ini, mengurangi kemungkinan penutupan (shutdown) sebagian pemerintah pada 20 Januari 2024.

Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer, seorang Demokrat, dan Ketua DPR Mike Johnson, seorang Republikan, merundingkan kesepakatan tersebut, membuka jalan bagi komite alokasi di kedua kubu untuk menegosiasikan rancangan undang-undang belanja negara yang terperinci, karena mereka memiliki batasan keseluruhan mengenai jumlah yang dapat ditanggung oleh rancangan undang-undang tersebut.

Kesepakatan tersebut menetapkan batas atas 12 anggaran belanja tahunan sebesar US$1,59 triliun dan Partai Republik telah menyetujui serangkaian langkah anggaran yang diminta oleh Partai Demokrat untuk menghindari pemotongan anggaran lembaga dalam negeri. Langkah-langkah ini, yang dikecam oleh kaum konservatif sebagai 'tipu muslihat' dapat menyebabkan beberapa anggota Partai Republik menolak dukungan.

Namun, perjanjian tersebut tidak memiliki kesepakatan untuk memblokir semua pihak yang mengambil kebijakan konservatif, sehingga kemungkinan terjadinya perselisihan mengenai tuntutan seperti pencabutan dana penyelidikan terhadap mantan Presiden Donald Trump masih dapat menyebabkan kebuntuan di kemudian hari.