Logo Bloomberg Technoz

Adani Bebani PLTU Mundra dengan ‘Utang Abadi’ US$1 M

News
06 March 2023 19:49

Miliarder dan ketua Grup Adani, Gautam Adani. (Kobi Wolf/Bloomberg)
Miliarder dan ketua Grup Adani, Gautam Adani. (Kobi Wolf/Bloomberg)

Anders Melin dan Stephen Stapczynski – Bloomberg News

Bloomberg, Beberapa proyek ditengarai dapat menjawab berbagai pertanyaan pelik seputar masalah 'utang abadi' miliarder Gautam Adani. Misalnya, pembangkit listrik Mundra milik Adani Power Ltd., raksasa bahan bakar batu bara yang selama bertahun-tahun telah menelan banyak biaya.

Pembangkit listrik Mundra, yang dapat menerangi jutaan rumah itu, memiliki lebih banyak liabilitas daripada aset dan telah mencetak kerugian sebesar US$ 1,8 miliar. Untuk menutupi defisit, Adani telah mengkreasikan lebih dari US$1 miliar pembiayaan utang dan meyakinkan investor dan pemberi pinjaman bahwa mereka akan segera untung.

Namun, auditor Adani Power Ltd. tidak dapat sepenuhnya memahami kalkulasi yang mendasari klaim ini – dan begitu pula pakar akuntansi yang berbicara dengan Bloomberg News.

Kini, divergensi atau pembalikan arah harga saham yang cepat yang berangsung secara real time menjadi medan pertempuran antara kerajaan bisnis Adani dan investor yang terombang-ambing oleh klaim short-seller Hindenburg Research bahwa taipan India itu berada di balik "penipuan terbesar dalam sejarah perusahaan".