Logo Bloomberg Technoz

Klarifikasi DANA Soal Curhat Nasabah Kebobolan Rp6 Juta

Sultan Ibnu Affan
06 January 2024 21:20

Ilustrasi aplikasi DANA. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ilustrasi aplikasi DANA. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Platform penyimpanan dompet digital atau e-wallet DANA atau PT Espay Debit Indonesia Koe menjelaskan akan melakukan investigasi atas dugaan hilangnya uang nasabah sebanyak Rp6 juta.

Salah satu akun bernama @tarorumput di media sosial X menceritakan saldo tabungannya raib hingga hanya tersisa Rp836. Hilangnya saldo tersebut dia sadari setelah mengetahui ada transaksi mencurigakan melalui QRIS dari akunnya.

"Kami telah melaksanakan investigasi secara menyeluruh dengan menghubungai langsung pengguna yang bersangkutan oleh tim CS DANA, untuk mencocokan identitas pengguna, serta mencari tahu kronologis dari setiap transaksi digital yang telah dilakukan pengguna," jelas Head of Communications DANA Indonesia Sharon Issabella.

 "Sebagaimana konten yang dibagikan pengguna dalam akunnya, bahwa pengguna telah mengklik tautan tidak resmi yang mengatasnamakan DANA dan menyebabkan pihak yang tidak bertanggungjawab dapat melakukan penyalahgunaan akses terhadap akun pengguna," ujarnya dalam holding statement menanggapi berita Bloomberg Technoz sebelumnya, pada Sabtu (6/1/2024).

Dia menegaskan bahwa DANA bakal mengedukasi pengguna dalam meningkatkan kewaspadaan melalui berbagai kejahatan siber yang menyerang penggunanya. "Bahwa DANA tidak pernah mengeluarkan ‘Kartu Fisik’ sebagaimana iklan yang dibuat oleh pihak yang tidak bertanggungjawab tersebut."