Logo Bloomberg Technoz

Menteri Pertahanan AS Diopname, Sempat Dirahasiakan Pentagon

News
06 January 2024 13:00

Menteri Pertahanan ASLloyd Austin./Bloomberg- Al Drago
Menteri Pertahanan ASLloyd Austin./Bloomberg- Al Drago

Peter Martin dan John Harney - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin dirawat di rumah sakit karena “komplikasi setelah menjalani prosedur medis elektif baru-baru ini,” kata Pentagon pada Jumat malam, 4 hari setelah dia dirawat dan tanpa memberikan perincian lebih lanjut.

“Dia pulih dengan baik dan diperkirakan dapat melanjutkan tugas penuhnya hari ini,” kata departemen tersebut dalam sebuah pernyataan. Pernyataan itu mengatakan Wakil Menteri Pertahanan Kathleen Hicks siap untuk menggunakan kekuasaan menteri setiap saat “jika diperlukan” selama Austin dirawat di rumah sakit.

Ketika ditanya secara spesifik mengenai masalah kesehatan Austin, pengobatan pilihan apa yang ia jalani sebelum memasuki Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed di Maryland pada 1 Januari dan mengapa rawat inapnya tidak diumumkan sebelumnya, juru bicara Departemen Pertahanan menolak berkomentar, dengan alasan kekhawatiran Austin mengenai masalah privasinya.

Rawat inap Austin terjadi saat Amerika membunuh seseorang yang dikatakan sebagai tokoh senior kelompok militan yang didukung Iran di Bagdad. Juru bicara Pentagon mengatakan Austin telah mengizinkan tindakan tersebut dan menyadarinya.