Logo Bloomberg Technoz

DAMPAK KECELAKAAN TURANGGA

Jalur KA Haurpugur—Cicalengka Sudah Beroperasi Kecepatan Terbatas

Sultan Ibnu Affan
06 January 2024 11:30

Kecelakaan KA Turangga dengan Commuterline Bandung Raya di km 181+700, Cicalengka, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024). (Dok. Basarnas Jawa Barat)
Kecelakaan KA Turangga dengan Commuterline Bandung Raya di km 181+700, Cicalengka, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024). (Dok. Basarnas Jawa Barat)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Kereta Api atau KAI telah memastikan petak jalan antara Stasiun Haurpugur—Stasiun Cicalengka sudah steril dan dapat dilewati kereta api dengan kecepatan terbatas 20 km per Sabtu (6/1/2024) sejak pukul 6.30 WIB.

Kereta api pertama yang melintasi jalur tersebut yaitu KA Cikuray ( KA.267) relasi Garut—Pasarsenen pada jam 08:56 WIB.

"Saat ini jalur rel sudah bisa dilalui dengan kecepatan terbatas. Sejumlah perbaikan jalur rel dengan memperkuat tubuh jalan rel terus dilaksanakan agar kereta api dapat beroperasi dengan kecepatan normal kembali,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam siaran resminya.

Dalam proses evakuasi itu, Joni mengatakan, KAI mengerahkan sekitar 200 personel yang terdiri dari tim KAI, KAI Commuter, BTP wilayah Jabar Kemenhub, Basarnas, dan pemangku kepentingan terkait lainnya. 

Proses evakuasi itu menggunakan alat berat berupa 2 unit crane, 6 unit dongkrak elektrik, serta peralatan pendukung alat berat lainnya. Adapun, material yang digunakan dalam proses perbaikan jalur tersebut yaitu 100 buah bantalan rel.