Logo Bloomberg Technoz

Bandara Minangkabau Dibuka Lagi, Dipastikan Negatif Abu Vulkanik

Sultan Ibnu Affan
06 January 2024 11:00

Bandara Minangkabau./ist
Bandara Minangkabau./ist

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bandara Internasional Minangkabau Padang, Sumatra Barat kembali dibuka pada hari ini, Sabtu (6/1/2024), usai sehari sebelumnya sempat ditutup akibat terdampak erupsi Gunung Marapi.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengatakan pembukaan kembali itu dilakukan setelah pengamatan yang dilakukan oleh Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VI Padang yang mengacu pada prediksi dari Volcanic Ash Advisory Centre (VAAC), Darwin, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, BMKG, serta paper test di lapangan dengan hasil negatif abu vulkanik.

Sebelumnya, penutupan Bandara Internasional Minangkabau diumumkan melalui Notice to Airmen (NOTAM) dengan Nomor B0030/24 NOTAMN mulai pukul 10.45 WIB.

Penutupan sementara itu dikarenakan alasan keselamatan penerbangan terutama akibat sebaran abu vulkanik yang dapat membahayakan dan menghentikan kerja mesin pesawat terbang.

Penutupan ituberdampak pada 29 penerbangan, dengan perincian 16 penerbangan untuk kedatangan ke Bandara Internasional Minangkabau, dan 13 penerbangan untuk keberangkatan.