Logo Bloomberg Technoz

Prakiraan Cuaca Akhir Pekan: Hujan Lebat, Petir dan Angin Kencang

Sultan Ibnu Affan
06 January 2024 10:30

Ilustrasi: DKI Jakarta diprediksi akan diguyur hujan hingga malam hari. (Dok. Pexels)
Ilustrasi: DKI Jakarta diprediksi akan diguyur hujan hingga malam hari. (Dok. Pexels)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi kondisi cuaca di mayoritas wilayah Indonesia pada akhir pekan ini, atau 6—7 Januari 2024, berpotensi dilanda hujan lebat hingga petir.

Berdasarkan analisis BMKG; penyebab hujan lebat, angin kencang, dan petir di sejumlah wilayah Indonesia itu adalah sirkulasi siklonik yang terpantau di Samudra Hindia bagian barat Bengkulu, Perairan Kalimantan Barat, Laut Jawa, dan Laut Halmahera.

Daerah-daerah itu, menurut BMKG, membentuk daerah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang di Laut China Selatan, Kepulauan Riau, Jawa bagian Barat, dan Laut Sulawesi.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Laut China Selatan hingga Semenanjung Malaysia, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Selatan, dari Sulawesi Tengah hingga Laut Banda, di Laut Seram, dan dari Papua Barat hingga Papua.

"Sementara itu, daerah pertemuan angin [konfluensi] terpantau berada di Selat Makassar, Laut Flores, Laut Banda, dan Laut Arafuru. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik, dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut," tulis BMKG dalam catatannya, dikutip Sabtu (6/1/2023).