Logo Bloomberg Technoz

DPR: Kasus KA Turangga Akibat Human Error, Lalai di Single Track

Wike Dita Herlinda
06 January 2024 10:00

Tabrakan KA Turangga (65A) dengan KA Commuter Line Bandung Raya, Jumat (5/1/2024). (Tangkapan layar foto viral/ Istimewa)
Tabrakan KA Turangga (65A) dengan KA Commuter Line Bandung Raya, Jumat (5/1/2024). (Tangkapan layar foto viral/ Istimewa)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Ketua Komisi V DPR RI Lasarus menilai kecelakaan maut antara KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya, pada Jumat (5/1/2024), dipicu oleh kesalahan manusia atau human error, alih-alih kesalahan teknis.

Untuk itu, dia mendesak agar segera dilakukan investigasi terhadap insiden tersebut, termasuk evaluasi terhadap personel Ditjen Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan dan teknis pengaturan lintasan di lapangan. 

“Ini lintasan single track, berarti ada kuat dugaan kelalaian pengatur lintasan. Perlu dilakukan investigasi segera, kuat dugaan human error,” tegas Lasarus dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (6/1/2024). 

Terkait dengan investigasi, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan telah membentuk tim investigasi kecelakaan yang melibatkan KA Turangga dan Kereta Commuterline Bandung Raya. Pihak yang akan dilibatkan a.l. KNKT, TNI/Polri, Basarnas, dan DJKA Kemenhub.

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan setelah proses evakuasi kedua rangkaian kereta untuk ditarik ke stasiun terdekat, tim teknis terkait akan memeriksa kondisi kelaikan rel di lokasi kecelakaan. Diharapkan, dalam waktu tidak lama, jalur rel tersebut dapat kembali dioperasikan.