Logo Bloomberg Technoz

Meskipun para ekonom memperkirakan bahwa ekonomi berekspansi dengan laju yang lebih cepat yaitu 5,2% di kuartal keempat--dari 4,9% di kuartal ketiga--kemerosotan di pasar logistik adalah tanda lain dari rebound yang diredam.

Selain lonjakan di Shanghai, tingkat pengangguran naik 1,7 poin persentase menjadi 21,6% dan 1,2 poin persentase menjadi 17,2% di Provinsi Zhejiang dan Jiangsu yang berdekatan. Ketiga wilayah tersebut termasuk di antara empat pasar logistik terbesar di China, kata Su.

Pusat logistik telah menjadi salah satu aset real estat komersial yang paling dicari di China, menarik investor institusional termasuk GLP China Holdings Ltd, ESR Group Ltd, dan Warburg Pincus. Bahkan ketika ekonomi China mengalami penurunan selama Covid, lonjakan belanja online memicu permintaan untuk penyimpanan dan infrastruktur semacam itu.

Lonjakan lowongan kerja yang tiba-tiba menunjukkan "perubahan besar" di pasar, kata Su.

Selama setahun penuh, kekosongan untuk penyimpanan logistik di China timur melonjak lebih dari setengahnya dari 2022 menjadi 18%, tertinggi sejak setidaknya tahun 2018, menurut Cushman.

Harga sewa menurun di Shanghai dan Zhejiang pada kuartal keempat, dan tidak berubah di Jiangsu, menunjukkan bahwa peningkatan kekosongan lebih disebabkan oleh menyusutnya permintaan.

(bbn)

No more pages