Logo Bloomberg Technoz

Serangan di Yaman akan menambah risiko perang antara Israel dan Hamas akan meluas menjadi konflik regional yang lebih luas.

Penjelasan Cooper adalah laporan publik terperinci pertama oleh seorang pejabat militer AS tentang operasi yang dimaksudkan untuk melindungi pengiriman di Laut Merah, yang biasanya menangani sekitar 12% perdagangan dunia. Sejumlah operator pengiriman utama mengatakan mereka mengambil rute yang lebih panjang dan lebih mahal di sekitar ujung selatan Afrika untuk menghindari ancaman Houthi.

Hal itu mendorong naiknya tarif jangka pendek untuk pengiriman kontainer. Freightos.com, platform pemesanan dan pembayaran kargo, mengatakan pada Rabu malam bahwa tarif spot untuk pengiriman barang dalam kontainer 40 kaki dari Asia ke Eropa utara sekarang melampaui $4.000, melonjak 173% dari sebelum pengalihan dimulai pada pertengahan Desember.

Dalam perkembangan terbaru di Laut Merah, sebuah kapal permukaan tak berawak "low-profile" yang penuh dengan bahan peledak meledak pada Kamis dalam jarak beberapa mil dari kapal dagang, kata Cooper kepada wartawan. Sejak 18 November, telah terjadi 25 serangan Houthi terhadap kapal di Laut Merah, kata Cooper.

(bbn)

No more pages