Logo Bloomberg Technoz

Status KLB Polio di Klaten, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi

Septiana Ledysia
05 January 2024 11:30

Ilustrasi dokter. (Hannah McKay/Reuters/Bloomberg)
Ilustrasi dokter. (Hannah McKay/Reuters/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kasus Luar Biasa (KLB) penyakit Polio terjadi di Klaten. Berikut penyabab dan cara mengatasinya.

Menurut pakar kesehatan, Dicky Budiman, Polio merupakan penyakit menular yang disebabkan virus polio. Penyakit ini menyebabkan otot lumpuh hingga kematian. virus ini menyerang sistem syaraf dan menyebabkan radang pada sumsum tulang belakang.

“Penyebab dari penyakit Polio ini adalah Polio virus, ada tiga jenis virus polio yaitu Polio tipe 1,2 dan 3. Penyakit ini menyebar melalui kontak langsung dengan kotoran dari orang yang terinfeksi atau bahkan melalui dorplet,” ujar Dikcy kepada Bloomberg Technoz, Jumat (5/1/2024).

Dicky mengutarakan penyakit Polio sudah ada ribuan tahun lalu, pemahaman tentang penyakit Polio ini baru diperorel di abad 20. 

“Untuk diketahui polio penyakit sampai saat ini public health emergency international concern (kewaspadaan global). Kemudian pola penyebaran Polio ini dalam konteks di Indonesia lebih mudah karena padat penduduk dengan sanitasi buruk. Secara global pun terjadi pada negara miskin terutama dan cakupan vaksinasi polio rendah,” ujar Dikcy.