Logo Bloomberg Technoz

Siapa Pemilik Zenius dan Alasan Kenapa Bisa Bangkrut di Indonesia

Muhammad Fikri
05 January 2024 08:15

Zenius. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Zenius. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Platform edukasi online Zenius akhirnya mengumumkan penutupan operasi, namun bersifat sementara dengan alasan hadapi tantangan. Memulai bisnis bimbingan belajar secara online tahun 2004, Zenius sejatinya terus mencatatkan perkembangan signifikan.

Zenius menawarkan paket pembelajaran di  luar sekolah pada seluruh segmen, mulai dari pendidikan dasar hingga paket materi persiapan ujian masuk perguruan tinggi. Setelah 20 tahun beroperasi pilihan untuk menutup bisnis.

Sabda Putra Subekti dan Medy Suharta adalah pendiri Zenius. Sabda adalah lulusan Institut Teknologi Bandung yang memang memiliki idealisme bidang pendidikan. Sabda kala itu juga kerap menjadi pengajar beberapa mata pelajaran, seperti matematika, fisika, ekonomi dan bahasa Inggris.

Kedua pendiri memulai bimbel secara online tahun 2004 dan selang satu tahun mencoba mengubah format menjadi penawaran paket belajar yang direkam dalam format disk, baik CD ataupun DVD.

Saat penetrasi internet Indonesia makin bergeliat, bisnis bimbel Zenius diarahkan menuju digital dengan membuat situs Zenius.net. Seluruh materi pembelajaran, termasuk format rekaman video dapat diakses oleh siswa lewat daring.