Logo Bloomberg Technoz

Sementara Israel mengejar upayanya untuk menghilangkan Hamas, yang melancarkan serangan pada bulan Oktober dan ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh AS dan Uni Eropa, gelombang kejut dari perang terus menyebar.

Ketegangan meningkat di Laut Merah, di mana pasukan Houthi yang didukung oleh Iran terus menyerang kapal-kapal komersial meskipun adanya misi gabungan yang dipimpin oleh AS untuk melindungi jalur menuju Terusan Suez. Dalam pernyataan bersama, AS, Inggris, Jerman, Australia, dan sejumlah negara lainnya memperingatkan bahwa Houthi "akan bertanggung jawab atas konsekuensinya" jika serangan tersebut terus berlanjut.

Koalisi tersebut sejauh ini telah berhasil menembak jatuh 19 pesawat tanpa awak dan rudal dalam 25 serangan terhadap kapal-kapal dagang di Laut Merah, demikian diungkapkan Wakil Laksamana Brad Cooper, komandan Pasukan Angkatan Laut AS di Wilayah Pusat, kepada wartawan pada hari Kamis. Namun, dia mengakui bahwa serangan Houthi terus berlangsung "tanpa henti."

Ketegangan juga meningkat antara Israel dan tetangga Lebanon, dari mana militan Hezbollah yang didukung oleh Iran menembakkan serangan ke pos-pos dan tentara Israel. Pada hari Selasa, Hamas mengatakan bahwa Israel melakukan serangan dron di ibu kota Lebanon, Beirut, yang menewaskan salah satu pejabat senior kelompok militan tersebut.

Blinken akan berfokus pada peningkatan aliran bantuan kemanusiaan ke Gaza, berbicara dengan pejabat Israel tentang "transisi ke tahap berikutnya dari operasi" — termasuk memungkinkan Palestina untuk kembali ke rumah mereka — dan juga tentang upaya pembebasan sandera, kata Miller.

Dia menambahkan bahwa "beberapa dari pembicaraan paling sulit" akan berkaitan dengan pemerintahan Gaza setelah konflik berakhir. "Kami pikir penting untuk terlibat dalam pembicaraan tersebut," ujar Miller.

Pemerintahan Biden secara lebih umum telah mendorong Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk mengurangi intensitas perangnya melawan Hamas di Gaza. Menurut kementerian kesehatan Gaza yang dikelola oleh Hamas, lebih dari 22.000 orang tewas dan lebih dari 57.000 terluka, menarik kecaman dari kelompok hak asasi manusia dan sejumlah negara.

Seperti pada kunjungan-kunjungan sebelumnya ke Timur Tengah sejak pecahnya perang, Blinken akan mendorong negara-negara Arab untuk menggunakan pengaruh mereka pada Iran, Hamas, dan kelompok lain di wilayah tersebut untuk mencegah perang yang lebih luas dan membantu pembebasan sandera.

Blinken akan menggunakan kunjungannya ke Turki untuk membahas langkah-langkah terakhir yang diperlukan agar Turki meratifikasi aksesi Swedia ke Organisasi Traktat Atlantik Utara, kata Miller, dan akan membahas dukungan untuk Ukraina dan keamanan maritim regional dengan pejabat di Yunani.

(bbn)

No more pages