Logo Bloomberg Technoz

Ledakan tersebut terjadi dalam waktu 15 menit di luar kuburan tempat kerumunan orang berpartisipasi dalam upacara peringatan kematian Soleimani dalam serangan drone AS di ibukota Irak pada tahun 2020. Dilaporkan Islamic Republic News Agency, ledakan itu disebabkan oleh bom yang ditanam di sebuah koper dan mobil dekat pintu masuk kuburan dan diledakkan dari jarak jauh.

Serangan itu terjadi sehari setelah Israel diyakini berada di balik pembunuhan seorang pemimpin kunci kelompok militan Hamas yang didukung Iran di ibukota Lebanon, Beirut. Akan tetapi pejabat AS mengatakan tidak ada alasan untuk mencurigai keterlibatan Israel dalam pemboman Iran.

Namun, serangan itu menandai puncak baru ketegangan regional sejak Israel memulai perangnya melawan Hamas setelah kelompok itu menyusup ke Israel pada 7 Oktober dan menewaskan sekitar 1.200 orang. Sejak konflik dimulai, Houthi — pasukan proksi Iran di Yaman — telah menembakkan rudal dan drone ke kapal komersial di Laut Merah. Sementara Hizbullah telah melancarkan serangan terhadap Israel dari pangkalan-pangkalannya di Lebanon.

(bbn)

No more pages