Logo Bloomberg Technoz

Rebound ekonomi dapat membantu Partai Konservatif Perdana Menteri Rishi Sunak, yang tertinggal sekitar 20 poin di belakang oposisi Partai Buruh dalam jajak pendapat menjelang pemilihan umum yang diperkirakan akan diadakan tahun ini.

Ekspektasi pasar bahwa suku bunga akan dipangkas telah memberikan Kanselir Jeremy Hunt sekitar £10 miliar (sekitar US$12,6 miliar) ruang untuk pemotongan pajak yang ingin ia sampaikan dalam anggaran Maret.

Hanson dan Andrade merevisi perkiraan mereka setelah inflasi November turun lebih cepat dari yang diperkirakan dan biaya energi tetap lebih rendah.

Mereka masih memperkirakan "resesi teknis yang sangat ringan dalam waktu dekat," dengan ekonomi menyusut 0,1% pada masing-masing kuartal ketiga dan keempat tahun 2023 dan kuartal pertama 2024.

Di luar itu, "aktivitas tampaknya akan meningkat sejak musim semi, didukung oleh peningkatan pendapatan riil dari harga energi yang lebih rendah, serta penurunan suku bunga," tulis mereka.

Ekonom senior Deutsche Bank, Sanjay Raja, juga memberikan catatan optimis dalam sebuah blog yang berjudul Delapan Alasan untuk Optimisme.

Ia memperkirakan inflasi akan turun ke target 2% di April atau Mei dan berpikir bahwa "mungkin" suku bunga dapat dipangkas menjadi 4% di akhir tahun. "Sebuah pendaratan lunak tetap menjadi dasar pemikiran kami," katanya.

Simon French, kepala ekonom di Panmure Gordon, dan mantan penentu suku bunga BOE Charles Goodhart mengatakan bahwa konsumen Inggris akan datang untuk menyelamatkan tahun ini karena pendapatan naik lebih cepat daripada inflasi.

Upah minimum, pensiun negara, dan tunjangan kesejahteraan usia kerja akan naik lebih dari tiga kali lipat tingkat inflasi 2% yang diantisipasi pada April.

Raja Charles percaya bahwa pertumbuhan upah juga akan tetap tinggi dan pemerintah akan memotong pajak lagi dalam anggaran, memberikan rumah tangga rejeki nomplok.

Pemotongan 2% kontribusi asuransi nasional mulai bulan ini yang diumumkan pada November akan menambah £10 miliar pada pendapatan tahun ini.

Pemotongan 1% pada tarif dasar pajak penghasilan pada April akan menambah £4 miliar tahun ini, dan pengurangan separuh tarif pajak warisan menjadi 20% akan bernilai hampir £1 miliar lebih banyak untuk tahun 2024.

(bbn)

No more pages