Logo Bloomberg Technoz

Status Katulampa Waspada, Banjir Jakarta Berpotensi Meluas

Redaksi
04 January 2024 18:30

Banjir terjadi di Jakarta (BPBD DKI Jakarta)
Banjir terjadi di Jakarta (BPBD DKI Jakarta)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta telah mengirimkan peringatan dini atau disaster early warning system kepada warga bantaran sungai akibat kenaikan Bendung Katulampa Bogor yang berstatus Waspada atau Siaga 3.

Hingga pukul 16.00 WIB tinggi muka air bendung Katulampa telah mencapai 90cm dengan kondisi hujan masih berlanjut. "Antisipasi kurang lebih 6-9 jam ke depan air akan sampai di Pintu Air Manggarai," tulis pengumuman BPBD DKI Jakarta, lewat akun X, Kamis (4/1/2024).

Wilayah yang dilalui aliran sungai adalah Srengseng Sawah, Lenteng Agung, Tanjung Barat, Pejaten Timur, Rawajati, Pengadegan, Cikoko, Kebon Baru, Bukit Duri, Manggarai, Kalisari, Baru, Cijantung, Gedong, Balekambang, Cililitan, Cawang, Bidara Cina, Kampung Melayu dan Kebon Manggis.

Dalam update terbaru, BPBD DKI Jakarta menyatakan tinggi muka air bendung Katulampa telah turun ke 80cm dengan kondisi wilayah sekitar gerimis. Dengan demikian status bendung Katulampa turun menjadi Normal atau Siaga 4.

Sebelumnya Kawasan Kemang, Jakarta Selatan terendam banjir pada Kamis (4/1/2023) sore akibat hujan yang turun sejak siang. Dalam pantauan di sejumlah akun media sosial, banjir terjadi di jalan Kemang Raya dengan ketinggian sekitar lutut orang dewasa.