Logo Bloomberg Technoz

Anies Baswedan Ingin Partai Pengusungnya Kuasai Parlemen

Pramesti Regita Cindy
04 January 2024 17:50

Pertemuan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Partai NasDem-PKS-PKB (Dok PKB)
Pertemuan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Partai NasDem-PKS-PKB (Dok PKB)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Capres Nomor Urut 01, Anies Baswedan mulai gencar berkampanye untuk empat partai yang mengusungnya yaitu Partai Nasdem, PKS, PKB, dan Partai Ummat. Dia ingin para pemilih dan pendukungan juga memberikan suarat kepada calon legislatif partai-partai tersebut sehingga bisa menguasai parlemen.

"Sehingga agenda perubahan kita bisa dijalankan," kata Anies dikutip dari video kampanye di Ciamis, Jawa Barat, Kamis (4/1/2024). "Kita harus bekerja keras tak hanya di eksekutif tapi juga di legislatif."

Dia mencontohkan sebuah kasus yang terjadi saat dirinya menjabat Gubernur DKI Jakarta, 2017-2022. Pada saat itu, dia ingin menjual saham Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di perusahaan bir yaitu PT Delta Djakarta Tbk.

Menurut Anies, pemerintah seharusnya memiliki perusahaan yang bisa berkontribusi pada pembangunan di masyarakat. Sedangkan PT Delta, dianggap tak memenuhi unsur pembangunan sehingga bisa dilepas.

Rencananya, kata dia, Pemprov DKI Jakarta akan menggunakand dana hasil penjualan saham yang nilainya lebih dari Rp1 triliun tersebut untuk sejumlah program strategis. Beberapa di antaranya adalah pembangunan instalasi air bersih, pembangunan sekolah, dan pembangunan rumah sakit.