Logo Bloomberg Technoz

Kasus Smelter ITSS: Status Naik ke Penyidikan, 27 Orang Diperiksa

Sultan Ibnu Affan
04 January 2024 14:30

Pengamanan lokasi kejadian pascakecelakaan kebakaran tungku smelter No. 41. (Dok. PT IMIP)
Pengamanan lokasi kejadian pascakecelakaan kebakaran tungku smelter No. 41. (Dok. PT IMIP)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Proses investigasi ledakan tungku smelter yang terjadi di PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) akhir tahunn lalu, hingga kini terus berlanjut. Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Sulawesi Tengah menyebut kini status investigasi itu telah ditingkatkan ke tahap penyidikan.

"Karena selama ini masih di lidik status kasusnya. Kami anggap layak untuk ditingkatkan ke penyidikan," ujar Kabid Humas Polda Jateng Djoko Wienarto saat dihubungi Bloomberg Technoz, Kamis (4/1/2023)

Djoko mengatakan keputusan itu diambil berdasarkan proses gelar perkara yang digelar oleh kepolisian pada Rabu kemarin, sekaligus pemeriksaan saksi-saksi.

"Pemeriksaan saksi-saksi ini 27 orang, plus 2 orang saksi ahli. [Sebanyak] 27 orang ini termasuk pegawai, korban yang bisa dimintai keterangan yang ada di tempat kejadian perkara [TKP]," ujar dia.

Sebelumnya, ledakan yang terjadi kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah itu telah menyebabkan 21 pekerja meregang nyawa dan puluhan pekerja lainnya luka-luka.