Logo Bloomberg Technoz

AS & Filipina Adakan Latihan di Tengah Ketegangan dengan China

News
03 January 2024 20:20

Laut China Selatan. (Dok: Bloomberg)
Laut China Selatan. (Dok: Bloomberg)

Cliff Venzon - Bloomberg News

Bloomberg, Militer Filipina dan Amerika Serikat (AS) pada Rabu (3/1/2024) memulai latihan maritim kedua mereka di Laut China Selatan dalam waktu kurang dari dua bulan di tengah berlanjutnya ketegangan dengan China di perairan yang disengketakan itu.

"Kegiatan bilateral selama dua hari ini akan melakukan latihan passing, pemeriksaan komunikasi, latihan lintas dek, patroli bersama, manuver Officer of the Watch, dan operasi penerbangan sayap tetap," kata Angkatan Bersenjata Filipina dalam sebuah pernyataan.

Kegiatan ini menyusul dimulainya kembali patroli bersama oleh sekutu pertahanan kedua negara pada akhir November setelah dihentikan selama masa kepresidenan Rodrigo Duterte pada tahun 2016. Ketegangan antara China dan Filipina telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir, dengan kapal-kapal mereka saling berhadapan di wilayah yang diperebutkan.

Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr telah meningkatkan hubungan pertahanan dengan Washington, dan negara-negara lain seperti Jepang dan Australia, ketika ia menolak klaim ekspansif China atas jalur perairan tersebut.