Logo Bloomberg Technoz

Erick Thohir Titahkan Pejabat BUMN Pakai EV, Hemat Anggaran 60%

Mis Fransiska Dewi
03 January 2024 14:30

Menteri BUMN RI Erick Thohir saat pembukaan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, rangkaian dari HUT ke-128 BRI. (Dok. BRI)
Menteri BUMN RI Erick Thohir saat pembukaan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, rangkaian dari HUT ke-128 BRI. (Dok. BRI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Seluruh pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah pimpinan Erick Thohir secara serentak resmi menggunakan kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) mulai hari ini, Rabu (3/1/2024). 

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, penggunaan EV sebagai kendaraan dinas menjadi langkah strategis transisi energi di ekosistem BUMN.

“Langkah mengadopsi kendaraan listrik untuk seluruh pejabat Eselon I dan II Kementerian BUMN untuk menggunakan electric vehicle adalah yang pertama. Terobosannya adalah seluruh EV-nya tidak membeli, melainkan sewa,” kata Erick di Kementerian BUMN, Rabu (3/1/2024).

Langkah selanjutnya, kata Erick, adopsi EV tidak hanya di tingkat kementerian, komitmen untuk menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional juga digaungkan di direksi BUMN. Langkah - langkah tersebut sejalan dengan amanat Instruksi Presiden RI Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

“Penggunaan EV secara langsung memberikan penghematan yang signifikan dibandingkan dengan kendaraan konvensional. Jika ditinjau dari pagu fasilitas standar biaya masukan atau SBM APBN untuk kendaraan listrik, terdapat penghematan sekitar 60%,” tuturnya.