Logo Bloomberg Technoz

Mahfud MD Sebut Rizal Ramli Sebagai Sahabat Berdebat

Pramesti Regita Cindy
03 January 2024 11:10

Menko Polhukam yang juga Cawapres Mahfud MD (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)
Menko Polhukam yang juga Cawapres Mahfud MD (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mohammad Mahfud MD sampaikan rasa duka cita atas meninggalnya eks Menko Perekonomian dan ekonom senior, Rizal Ramli. Dia mengklaim merasa kehilangan terhadap sosok sahabat dan kawan beradu argumennya tersebut.

"Saya sebagai sahabatnya ikut berduka, mengucapkan innalillahi wainailaihi rojiun, mudah-mudahan mendapat surga-Nya," ujar Mahfud dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Rabu (3/1/2024).

Dia mengatakan, kerap bekerja sama dengan Rizal Ramli. Dalam sejumlah kegiatan dan bidang pun keduanya kerap menggunakan perdebatan dan perjuangan bersama. Bahkan, Mahfud mengatakan cukup sering memiliki pandangan atau pendapat yang berbeda dengan mantan menteri Presiden Abdurrahman Wahid atau Gusdur tersebut.

"Dia teman berdebat saya, tapi juga teman berjuang saya. Dalam hal-hal yang sama kami gigih bersama, dalam hal-hal berbeda kami berdebat. Mudah-mudahan Anda mendapat surga-Nya, insya Allah," kata Mahfud.

Rizal Ramli diketahui semalam telah tutup usia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (2/1/2024) sekitar pukul 19.30 WIB, pada usia 69 tahun.