Logo Bloomberg Technoz

Isu Bakal Jadi Sekjen PBB Ditepis Presiden Jokowi

Pramesti Regita Cindy
02 January 2024 17:10

Presiden Jokowi menyampaikan kuliah umum di Stanford University, San Fransisco, Amerika Serikat, pada Rabu (15/11/2023). (BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Jokowi menyampaikan kuliah umum di Stanford University, San Fransisco, Amerika Serikat, pada Rabu (15/11/2023). (BPMI Setpres/Laily Rachev)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diisukan bisa menjadi calon Sekjen PBB apabila sudah lengser jadi Presiden pada 2024 tahun ini. Namun Jokowi menampiknya.

"Kembali ke Solo, jadi rakyat biasa," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangannya di Pasar Tradisional Purworejo, Jawa Tengah pada Selasa (2/1/2024).

Diketahui beberapa waktu belakangan nama Jokowi dikait-kaitkan dengan calon Sekjen PBB. Jokowi akan lengser pada Oktober 2024 seiring dengan pelantikan presiden dan wapres baru pada 20 Oktober 2024. Pada masa pemerintahan Presiden Jokowi, diketahui Indonesia beberapa kali menjadi tuan rumah perhalatan internasional yang cukup besar.

"Kembali ke Solo," kata dia lagi soal rencana pensiun dari presiden. Jawaban ini juga dia sampaikan saat ditanyakan apakah berminat menjadi Sekjen PBB.

Tak hanya Jokowi, mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga sebelumnya menjelang mau lengser diisukan menjadi calon Sekjen PBB. Namun pada 2014 lalu, Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal menyebut bahwa Presiden SBY mendapat tawaran karir di organisasi internasional pascamemimpin Indonesia. Namun yang bersangkutan tak berminat menjadi Sekjen PBB.