Logo Bloomberg Technoz

“Ada masalah ini atau tidak tetap akan dilakukan uji sampling. Mungkin tim akan menggunakan beberapa data yang signifikan saja, tetapi uji sampling itu sendiri bukan inti dari evaluasi ini namun hanya bersifat tambahan data dan informasi saja,” pungkasnya. 

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan akan melakukan pengecekan secara sampling terhadap produk-produk Daihatsu di Indonesia. Hal ini imbas skandal Daihatsu terkait dengan pemalsuan uji tabrakan dan keamanan.

Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub, Danto Restyawan mengatakan, pengecekan akan dilakukan setelah dirinya dan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Hendro Sugiatno menggelar pertemuan dengan Astra Daihatsu Motor/ADM-Indonesia pada Kamis (21/12/2023). 

“Cek secara sampling, akan dilakukan cek secara sampling,” ujar Danto kepada Bloomberg Technoz, Jumat (22/12/2023). 

Sebagai informasi, Skandal Daihatsu terungkap dalam laporan investigasi yang dilakukan Daihatsu Motor Co., Ltd dengan melibatkan investigator Komite Pihak Ketiga Independen, Rabu (20/12/2023). 

Investigasi skandal Daihatsu dilakukan dengan menginvestigasi penyimpangan prosedur, yang hasilnya telah dilaporkan kepada Toyota Motor Corporation.

Item-item yang dilakukan investigasi berkaitan dengan lapisan pintu, airbag, hingga penyimpangan laporan dokumen terkait uji tabrakan samping.

"Parahnya kesalahan prosedur yang ditemukan pada pengumuman (investigasi) pertama (April), Daihatsu pun membentuk satu komite pihak ketiga yang independen terdiri dari pakar hukum dan teknis dari luar yang tidak memiliki saham di Daihatsu (Komite), dalam upaya mengetahui secara penuh kesalahan tersebut, mengidentifikasi akar masalah dan menerapkan langkah-langkah agar hal ini tidak terulang kembali," tulis latar belakang laporan hasil investigasi tersebut, dikutip dari situs resmi Daihatsu.

(dov/ain)

No more pages