Logo Bloomberg Technoz

Skandal Daihatsu, Kemenhub Gandeng KNKT Uji Mobil di Indonesia

Dovana Hasiana
02 January 2024 16:35

Salah satu line perakitan Daihatsu Xenia multi-purpose di pabrik PT Astra Daihatsu Motor, bagian dari Astra Intertional. (Dok Dadang Tri/Bloomberg)
Salah satu line perakitan Daihatsu Xenia multi-purpose di pabrik PT Astra Daihatsu Motor, bagian dari Astra Intertional. (Dok Dadang Tri/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) merupakan salah satu mitra yang digandeng oleh Kementerian Perhubungan dalam melakukan evaluasi dan verifikasi terhadap PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Hal ini imbas skandal Daihatsu terkait dengan pemalsuan uji tabrakan dan keamanan.

Anggota Tim Penyelidikan dari KNKT, Ahmad Wildan mengatakan sejauh ini pemerintah bersama pemangku kepentingan (stakeholder) yang terlibat telah melakukan evaluasi secara teknis dan menyeluruh. 

“Tunggu saja hasil evaluasi dimaksud yang pasti akan direlease oleh Kementerian Perhubungan setelah proses evaluasi selesai,” ujar WIldan kepada Bloomberg Technoz, Selasa (2/1/2024). 

Wildan juga menjelaskan, pengecekan terhadap produk-produk Daihatsu di Indonesia merupakan salah satu bagian dari evaluasi dan verifikasi yang dilakukan Kemenhub sebagai upaya untuk mendapatkan tambahan data dan informasi. 

Namun, Wildan memastikan, pengecekan sampling bukan merupakan inti dari evaluasi ini. Sebab, Kemenhub sebagai regulator memang secara rutin melakukan pengecekan sampling pada setiap tahunnya, terlepas dari adanya permasalahan atau tidak.