Logo Bloomberg Technoz

Rangkuman Strategi Jokowi Cs Genjot Pertumbuhan Ekonomi 2024

Redaksi
02 January 2024 09:50

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelum kunjungan kerja ke Jepang. (Tangkapan layar Sekretariat Presiden RI)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelum kunjungan kerja ke Jepang. (Tangkapan layar Sekretariat Presiden RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah dan DPR RI sepakat menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2% pada 2024. Presiden Joko Widodo (Jokowi) lantas menerapkan sejumlah strategi untuk mencapai target di akhir masa kepemimpinannya.

Presiden Jokowi meyakini ekonomi makro akan stabil di tengah gejolak perekonomian dunia. Dia juga optimistis momentum pemilihan umum (Pemilu) akan menjadi katalis positif ekonomi nasional. Dalam kesempatan berbeda, Menteri Keuangan Sri Mulyani memaparkan strategi fiskal 2024 demi mendorong pertumbuhan ekonomi, yakni dengan tetap memberikan berbagai insentif, baik dari sisi pasokan maupun permintaan. Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menambahkan, salah satu kunci pertumbuhan ekonomi adalah menggenjot konsumsi masyarakat.

Berikut rangkuman strategi pemerintah yang akan dilakukan untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi 2024:

Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menetapkan target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2% pada 2024. Hal itu disampaikan dalam pidato penyampaian Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RUU APBN) Tahun Anggaran 2024 dan Nota Keuangan pada Rapat Paripurna DPR RI 2023–2024, Agustus 2023.