Logo Bloomberg Technoz

Ada 28 saham pendatang baru yang memberikan return positif, bahkan sampai ada yang mencapai ribuan persen. Meski begitu, kenaikan ini bukan tanpa catatan, karena pelaku pasar menilai kenaikan ini di luar fundamental yang semestinya.

Menanggapi soal itu, Direktur Utama BEI Iman Rachman mengatakan pihaknya akan meningkatkan sistem perdagangan dan pengawasan pada 2024 dan ditargetkan akan selesai pada 2025. 

“Mulai tahun depan kami akan mulai fokus kepada peningkatan sistem pendekatan pengawasan mulai tahun depan ada pembaruan sistem perdagangan dan peran pengawasan yang diharapkan akan selesai di akhir tahun 2025 atau awal 2026,” kata Iman Rachman dalam konferensi pers Peresmian Penutupan Perdagangan BEI 2023, Jumat (29/12/2023).

Iman Rachman menyebutkan  infrastruktur sistem perdagangan BEI akan diperbaharui secara paralel sehingga BEI akan memiliki sistem perdagangan dengan kapasitas yang lebih tinggi. 

“Kami selalu mengawasi tahun ke tahun mau dia (saham) naik atau turun kami lihat apa yang kami lakukan terkait dengan Unusual Market Activity (UMA), suspensi kami lakukan pengawasan kalau ada konsentrasi atau ada harga semu akan dapat teguran itu kami lakukan siapapun, ada pembentukan pasar semu itu kami jaga,” ujarnya.

(mfd/dhf)

No more pages