Logo Bloomberg Technoz

Jepang mengeluarkan peringatan tsunami untuk hampir semua pantai di bagian barat setelah gempa terjadi. Wilayah utara Hokkaido juga mencatatkan adanya tsunami. Warga diimbau untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi jauh dari pantai, dan tetap tinggal di sana sampai peringatan dicabut.

Beberapa layanan kereta api dihentikan dan pembangkit listrik menghentikan operasi. Sementara beberapa jalan dan landasan pacu bandara ditutup karena kerusakan. Pihak berwenang memeriksa reaktor nuklir. Layanan telepon seluler juga terkena dampak gempa tersebut.

Menurut lembaga penyiaran TBS, tujuh orang terluka di beberapa kota di prefektur Ishikawa. Rekaman video stasiun TV ANN menunjukkan rumah-rumah yang ambruk di Wajima, sekitar 300 kilometer dari barat laut Tokyo. Postingan di media sosial menunjukkan toko-toko penuh dengan botol pecah dan barang-barang lainnya yang jatuh dari rak.

Dampak Gempa Jepang di Prefektur Ishikawa pada 2 Januari. (Sumber: Bloomberg)

Badan Meteorologi Jepang mengatakan tsunami lain setinggi 1 meter masih bisa terjadi. Peringatan tsunami membentang dari pulau utama utara Jepang Hokkaido hingga pulau utama barat daya Kyushu. Korea Selatan juga mencatat tsunami kecil di beberapa daerah, seperti dilaporkan Korea Times.

Badan Meteorologi Jepang memperingatkan bahwa warga harus waspada terhadap kemungkinan gempa susulan yang besar selama sepekan ke depan.

Gempa bumi berdampak pada beberapa pembangkit listrik di wilayah tersebut. Menurut situs web Japan Electric Power Exchange, unit pembangkit listrik berbahan bakar batu bara Nanao Ohta milik Hokuriku Electric Power Co dihentikan karena gempa, menyebabkan hilangnya sekitar 1,2 gigawatt kapasitas. 

Menurut situs web JEPX, Jera Co juga menghentikan unit berbahan bakar gas di pembangkit listrik Joetsu untuk diperiksa dan rencananya akan dihidupkan kembali besok.

Menurut Hokuriku Electric, sekitar 32.600 rumah tidak dialiri listrik pada pukul 8:15 malam. Suhu di daerah itu diperkirakan akan mendekati titik beku di malam hari, dengan banyak keluarga berkumpul bersama untuk liburan Tahun Baru.

Otoritas Regulator Nuklir Jepang mengatakan dalam pernyataan email bahwa tidak ada kelainan yang ditemukan di pembangkit listrik nuklir di wilayah tersebut, termasuk pembangkit listrik nuklir Shika milik Hokuriku Electric dan pembangkit listrik nuklir Kashiwazaki Kariwa milik Tokyo Electric Power Co.

Jepang adalah salah satu negara paling rawan gempa di dunia. Pada tahun 2011, negara tersebut dilanda gempa dengan magnitudo 9 yang memicu tsunami besar, menewaskan hampir 20.000 orang dan merusak pembangkit listrik Fukushima Dai-Ichi.

(bbn)

No more pages