Logo Bloomberg Technoz

Tantang Militer AS, Iran Terjunkan Kapal Perang ke Laut Merah

News
02 January 2024 05:20

Houthi mendekati kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November. (Sumber: Handout/Getty Images)
Houthi mendekati kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November. (Sumber: Handout/Getty Images)

Sam Dagher and Arsalan Shahla - Bloomberg News

Bloomberg, Iran mengirim kapal perang ke Laut Merah setelah Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) menghancurkan tiga kapal Houthi, sebuah tindakan yang berisiko meningkatkan ketegangan dan mempersulit tujuan Washington untuk mengamankan jalur perairan yang penting bagi perdagangan global.

Kapal perusak Alborz melintasi selat Bab El-Mandeb, titik sempit antara Laut Merah dan Teluk Aden, pada Senin (1/1/2024), kata media pemerintah Iran tanpa memberikan informasi lebih lanjut mengenai misi kapal tersebut.

Masuknya Iran ke Laut Merah sehari setelah tindakan AS menambah situasi yang sangat fluktuatif di jalur yang menangani sekitar 12% perdagangan dunia.

Langkah Iran ini merupakan tantangan terhadap AS yang pada bulan lalu membentuk satuan tugas maritim guna menyerang kapal-kapal pemberontak Houthi dukungan Teheran yang menguasai wilayah barat laut Yaman, termasuk ibu kota Sanaa dan pelabuhan Al-Hudaydah di Laut Merah.

Delegasi Houthi bertemu dengan para pejabat di Teheran setelah AS membunuh beberapa anggota kelompok militan tersebut dalam serangan terhadap kapal kontainer milik Denmark. AP Moller-Maersk A/S menghentikan semua transit Laut Merah selama 48 jam untuk menilai situasi.

Serangan Houthi terjadi 55 mil laut dari Al-Haudayah./dok. Bloomberg