Logo Bloomberg Technoz

Ratu Denmark Margrethe II Umumkan Turun Takhta Setelah 52 Tahun

News
01 January 2024 10:50

Queen of Denmark, Margrethe Alexandrine (Photo: Keld Navntoft, Ritzau Scanpix/ Tangkapan Layar via kongehuset.dk)
Queen of Denmark, Margrethe Alexandrine (Photo: Keld Navntoft, Ritzau Scanpix/ Tangkapan Layar via kongehuset.dk)

Christian Wienberg - Bloomberg News

Bloomberg, Ratu Margrethe II dari Denmark, monarki dengan masa pemerintahan terlama di dunia, mengumumkan bahwa ia akan menyerahkan posisinya kepada putranya setelah 52 tahun bertakhta.

Ratu, yang berusia 83 tahun, menyebutkan kesehatan yang memburuk sebagai alasan keputusannya, dalam pidatonya pada hari Minggu. Dia akan secara resmi turun tahkta pada 14 Januari, menyerahkan tahkta kepada putra tertuanya, Putra Mahkota Frederik yang berusia 55 tahun.

"Saya telah memutuskan bahwa sekarang adalah waktu yang tepat," kata ratu dalam pidato Tahun Baru yang disiarkan televisi. "Waktu terus berjalan dan penyakit bertambah banyak. Seseorang tidak bisa lagi mengatasi hal yang sama seperti sebelumnya."

Setelah kematian Ratu Elizabeth II dari Inggris pada tahun 2022, yang merupakan teman dekat sekaligus sepupu jauh, Margrethe menjadi monarki dengan masa pemerintahan terlama di dunia. Hassanal Bolkiah, Sultan Brunei, telah memegang gelar penguasa lebih lama dari Margrethe, tetapi negaranya baru merdeka pada tahun 1984. Margrethe juga pada tahun 2023 menjadi penguasa dengan masa pemerintahan terlama dalam 1.200 tahun monarki Denmark.