Logo Bloomberg Technoz

Gempa Bumi Sumedang, 13 Perjalanan KA Sempat Terganggu

Dovana Hasiana
01 January 2024 10:18

Gempa Sumedang Info BMKG pada Minggu, 31 Desember 2023.
Gempa Sumedang Info BMKG pada Minggu, 31 Desember 2023.

Bloomberg Technoz, Jakarta – Perjalanan kereta api, khususnya di wilayah daerah operasi (Daop) 2 Bandung, dinyatakan aman pascagempa Sumedang dengan kekuatan Magnitudo (M) 4,8 yang terjadi Minggu (31/12/2023) pukul 20:34 WIB. Diketahui gempa berlokasi di sekitar dua kilometer Timur Laut Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. 

Manager Humas Daop 2 Bandung Ayep Hanapi mengatakan, Daop 2 Bandung langsung memberlakukan berhenti luar biasa (BLB) pada kereta api saat gempa bumi terjadi untuk memastikan jalur yang akan dilewati aman dan tidak ada kendala. 

"Tindakan cepat tersebut untuk memastikan tidak adanya kerusakan baik pada jalan rel, atau struktur jembatan yang ada di wilayah Daop 2 Bandung, serta guna mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu perjalanan kereta api," ucap Ayep dalam siaran pers, dikutip Senin (1/1/2024).

Setelah dilakukan pengecekan secara menyeluruh, Ayep melanjutkan, pada pukul 21.20 seluruh lintas Daop 2 Bandung dinyatakan aman untuk dilalui. Seluruh perjalanan kereta api dinyatakan aman pascagempa. Tidak terdapat dampak kerusakan di stasiun akibat gempa tersebut.

“Daop 2 Bandung menyampaikan permohonan maaf atas tertahannya KA tersebut selama beberapa menit karena dilakukan pengecekan jalur guna memastikan perjalanan KA aman dan selamat,” tutup Ayep.