Logo Bloomberg Technoz

Daftar Rekayasa Lalu Lintas Saat Arus Balik Tahun Baru

Fransisco Rosarians Enga Geken
30 December 2023 17:30

Mobil melintas saat penerapan sistem one way di KM 72 Tol Cikampek, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Mobil melintas saat penerapan sistem one way di KM 72 Tol Cikampek, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas dengan sistem contraflow dan one way di beberapa ruas jalan tol. Kebijakan ini menjadi langkah antisipasi mengurangi kepadatan volume kendaraan saat arus balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Penerapan contraflow dan one way ini dilakukan sejak arus balik tahun baru, pada Senin (1/1/2024). Namun, berdasarkan pengumuman yang diunggah Humas Polri, kebijakan ini akan diterapkan situasional atau tergantung kondisi lalu lintas di lapangan.

Rencananya, Korlantas akan menerapkan rencana rekayasa lalu lintas arus balik tahun baru pada pukul 14.00 – 24.00 WIB baik satu jalur ataupun dua jalur. Para pengendara diimbau untuk selalu berhati-hati dan mematuhi arahan petugas di lapangan.

1. Kendaraan yang melaju dari arah Gerbang Tol atau GT Kalikangkung menuju Jakarta akan menjalani sistem One Way dari KM188 GT Palimanan Utama hingga Km72 Cikampek Utama;

2. Kendaraan dari arah yang sama kemudian akan menjalankan sistem Contraflow pada 2 lajur dari KM 72 hingga KM 47;